Kamis, 31 Mei 2012
















PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
IMPLIKASI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
                                                                                                        

(Diajukan guna memenuhi tugas Akhir mata kuliah Perkembangan Peserta Didik)




Disusun oleh :
 I MADE PUJA LAKSANA
100210302002


FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2011





A)    IMPLIKASI KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH MENENGAH TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Ø  Karakteristik Perkembangan Fisik dan Perilaku Psikomotorik
Berikut ini adalah karakteristik perkembangan fisik dan perilaku psikomotorik menurut Hunkins (1980), :
Secara fisik:
umumnya individu telah mempunyai kematangan yang lengkap;
individu-individu ini kian menyerupai orang dewasa: tulang-tulang tumbuh kian lengkap, dan sosoknya kian tinggi; serta
meningkatnya energi gerak pada setiap individu.
Secara mental:
individu dilanda kerisauan  untuk menemukan jati diri dan tujuan hidup mereka;
keadaan mental remaja itu terus berlanjut dan untuk berusaha keras untuk menjadi mandiri;
dalam melepaskan ketergantungan dari orang dewasa, pelbagai individu ini kerap memperlihatkan perubahan mood yang ekstrem, dari yang kooperatif hingga yang suka memberontak;
kendali untuk dapat diterima lingkungan masih kuat, dan individu-individu itu sangat memperhatikan popularitas, terutama bagi kalangan yang berbeda kelamin; serta
berbagai individu kerap mengalami beberapa masalah  dengan membuat penilaian sendiri.

Perkembangan psikomotorik saat pada masa remaja menunjukan gerakan-gerakan yang canggung dan kurang terkoordinasikan. Pada masa ini terjadi perbedaan perkembangan psikomotor antara perkembangan remaja putrid dan remaja putra. Perbedaan proporsi laju pertumbuhan antara berat badan dengan tinggi .
Ø  Karakteristik Perkembangan Bahasa dan Perilaku Kognitif
Pada masa remaja awal ditandai dengan perkembangan kemampuan intelektual yang pesat. Namun ketika, si remaja tidak mendapatkan kesempatan pengembangan kemampuan intelektual, terutama melalui pendidikan di sekolah, maka boleh jadi potensi intelektualnya tidak akan berkembang optimal. Begitu juga masa remaja, terutama remaja awal merupakan masa terbaik untuk mengenal dan mendalami bahasa asing. Namun dikarenakan keterbatasan kesempatan dan sarana dan pra sarana, menyebabkan si remaja kesulitan untuk menguasai bahasa asing. Tidak bisa dipungkiri, dalam era globalisasi sekarang ini, penguasaan bahasa asing merupakan hal yang penting untuk menunjang kesuksesan hidup dan karier seseorang. Namun dengan adanya hambatan dalam pengembangan ketidakmampuan berbahasa asing tentunya akan sedikit-banyak berpengaruh terhadap kesuksesan hidup dan kariernya. Terhambatnya perkembangan kognitif dan bahasa dapat berakibat pula pada aspek emosional, sosial, dan aspek-aspek perilaku dan kepribadian lainnya.
Ø  Karakteristik Perilaku Sosial, Moralitas dan Keagamaan
Masa remaja disebut pula sebagai masa social hunger (kehausan sosial), yang ditandai dengan adanya keinginan untuk bergaul dan diterima di lingkungan kelompok sebayanya (peer group). Penolakan dari peer group dapat menimbulkan frustrasi dan menjadikan dia sebagai isolated dan merasa rendah diri. Namun sebaliknya apabila remaja dapat diterima oleh rekan sebayanya dan bahkan menjadi idola tentunya ia akan merasa bangga dan memiliki kehormatan dalam dirinya. Problema perilaku sosial remaja tidak hanya terjadi dengan kelompok sebayanya, namun juga dapat terjadi dengan orang tua dan dewasa lainnya, termasuk dengan guru di sekolah. Hal ini disebabkan pada masa remaja, khususnya remaja awal akan ditandai adanya keinginan yang ambivalen, di satu sisi adanya keinginan untuk melepaskan ketergantungan dan dapat menentukan pilihannya sendiri, namun di sisi lain dia masih membutuhkan orang tua, terutama secara ekonomis. Sejalan dengan pertumbuhan organ reproduksi, hubungan sosial yang dikembangkan pada masa remaja ditandai pula dengan adanya keinginan untuk menjalin hubungan khusus dengan lain jenis dan jika tidak terbimbing dapat menjurus tindakan penyimpangan perilaku sosial dan perilaku seksual. Pada masa remaja juga ditandai dengan adanya keinginan untuk mencoba-coba dan menguji kemapanan norma yang ada, jika tidak terbimbing, mungkin saja akan berkembang menjadi konflik nilai dalam dirinya maupun dengan lingkungannya.
Ø  Karakteristik Perilaku Afektif, Konatif dan Kepribadian
Masa remaja disebut juga masa untuk menemukan identitas diri (self identity). Usaha pencarian identitas pun, banyak dilakukan dengan menunjukkan perilaku coba-coba, perilaku imitasi atau identifikasi. Ketika remaja gagal menemukan identitas dirinya, dia akan mengalami krisis identitas atau identity confusion, sehingga mungkin saja akan terbentuk sistem kepribadian yang bukan menggambarkan keadaan diri yang sebenarnya. Reaksi-reaksi dan ekspresi emosional yang masih labil dan belum terkendali pada masa remaja dapat berdampak pada kehidupan pribadi maupun sosialnya. Dia menjadi sering merasa tertekan dan bermuram durja atau justru dia menjadi orang yang berperilaku agresif. Pertengkaran dan perkelahian seringkali terjadi akibat dari ketidakstabilan emosinya.
Ø  Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Anak Usia Sekolah Menengah
kurikulum yang terjadi di Indonesia selama ini menunjukkan bahwa  pada akhirnya persoalan terbesar terletak pada pelaksana-annya. Tataran implementasi kerap terseok-seok ketika dihadapkan pada cermin kurikulum sebagai sebuah rencana atau dokumen. Diskrepansi pengejawan-tahan kurikulum merentang dari kadar yang sangat rendah dalam bentuk adopsi kurikulum yang superfisial dan parsial, hingga kadar yang sangat tinggi dalam bentuk adopsi esensi yang komprehensif. Tentu saja tak ada faktor tunggal yang mengakibatkan terjadinya keadaan seperti itu. Banyak faktor yang berkontribusi, yang satu sama lain saling berkelindan.

SATUAN PENDIDIKAN DI TINGKAT PENDIDIKAN USIA MENENGAH :
Ø  rumpun smp yang terdiri atas :
Ø  SLTP
Ø  MTS
Ø  SMP KECIL
Ø  SMP TERBUKA
Ø  rumpun smp luar biasa yang terdiri atas :
Ø  SEKOLAH LUAR BIASA
Ø  SLTP TERPADU

Ø  rumpun pendidikan luar sekolah yang terdiri atas :
Ø  paket b
Ø  ujian persamaan smp
Ø  pondok pesantren

            pada jenjang pendidikan menengah jenis sekolah dibedakan menjadi Sekolah Menengah Umum (SMU), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madarasah Aliyah. Sedangkan pada jalur pendidikan luar sekolah adalah pondok pesantren.

B) IMPLIKASI KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ORANG DEWASA TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Ø  Karakteristik perkembangan fisik orang dewasa
Perkembangan fisik pada masa dewasa tinggi orang maksimal naik sekitar 2-3 cm kecuali dengan latihan-latihan luar biasa. Pertambahan berat badan terjadi pada orng dewasa karena faktor bawaan.
Usia dewasa muda merupakan usia secara fisik sangat sehat, kuat dengan cekatan dengan tenaga yang cukup besar tetapi sangat dipengaruhi dengan kemampuan ekonomi kebiasaan hidup serta pemeliharaan kesehatan, kemampuan ekonomi yang rendah makanan kurang sehat dan tidak bergiji kebiasaan makan tidak teratur merokok minuman keras, narkoba menurunkan kondisi kesehatan menimbulkan penyakit mengancam kehidupan.
Ø  Karakteristik perkembangan intelektual orang dewasa
Kemampuan intelektual catel dan horn kecerdasan dapat dibedakan menjadi 2
yaitu : a. Proses memahami hubungan , pembentukan konsep-konsep, nalar dan
abstrak, yang tidak dapat mempengaruhi pendidikan dan kebudayaan
b. Penguasaan kecakapan yang khusus dipelajari
Tahap pemerolehan berlangsung pada anak dan remaja.
1. Anak remaja telah menguasaai keterampalan.
2. Tahap penguasaan
3. Tahap tanggung jawab
4. Tahap eksekutif
Tahap Reintegrasi

Ø  Karakteristik perkembangan moral orang dewasa
Ada tiga tingkatan perkembangan moral (menurut Kohl berg ) yaitu: tahap pra konveksi, konveksi dan pasca konveksi telah dicapai pada usia adolesen
Menurut Giligan tahap-tahap perkembangan pada wanita dewasa :
Tahap 1. Orientasi terhadap keberadan diri.
Tahap 2. Kebaikan sebagai pengorbanan diri.
Tahap 3. Moralitas tidak berbuat kekerasan.

Ø  Metode pembelajaran bagi orang dewasa
Dalam pembelajaran orang dewasa banyak metode yang diterapkan. Untuk memberhasilkan pembelajaran semacam ini, apapun metode yang diterapkan seharusnya mempertimbangkan faktor sarana dan prasarana yang tersedia untuk mencapai tujuan akhir pembelajaran, yakni agar peserta dapat memiliki suatu pengalaman belajar yang bermutu. Merupakan suatu kekeliruan besar bilamana dalam hal ini, pembimbing secara kurang wajar menetapkan pemanfaatan metode hanya karena faktor pertimbangannya sendiri yakni menggunakan metode yang dianggapnya paling mudah, atau hanya disebabkan karena keinginannya dikagumi oleh peserta di kelas itu ataupun mungkin ada kecenderungannya hanya menguasai satu metode tertentu saja.
Penetapan pemilihan metode seharusnya guru mempertimbangkan aspek tujuan yang ingin dicapai, yang dalam hal ini mengacu pada garis besar program pengajaran yang dibagi dalam dua jenis:
1) Rancangan proses untuk mendorong orang dewasa mampu menata dan mengisi pengalaman baru dengan memmedomani masa lampau yang pernah dialami, misalnya dengan latihan keterampilan, melalui tanya jawab, wawancara, konsultasi, latihan kepekaan, dan lain-lain, sehingga mampu memberi wawasan baru pada masing-masing individu untuk dapat memanfaatkan apa yang sudah diketahuinya.
2) Proses pembelajaran yang dirancang untuk tujuan meningkatkan transfer pengetahuan baru, pengalaman baru, keterampilan baru, untuk mendorong masing-masing individu orang dewasa dapat meraih semaksimal mungkin ilmu pengetahuan yang diinginkannya, apa yang menjadi kebutuhannya, keterampilan yang diperlukannya, misalnya belajar menggunakan program komputer yang dibutuhkan di tempat ia bekerja.
Sejalan dengan itu, orang dewasa belajar lebih efektif apabila ia dapat mendengarkan dan berbicara. Lebih baik lagi kalau di samping itu ia dapat melihat pula, dan makin efektif lagi kalau dapat juga mengerjakan.
Fungsi bicara hanya sedikit terjadi pada waktu tanya jawab. Untuk metode diskusi bicara dan mendengarkan adalah seimbang. Dalam pendidikan dengan cara demonstrasi, peserta sekaligus mendengar, melihat dan berbicara. Pada saat latihan praktis peserta dapat mendengar, berbicara, melihal dan mengerjakan sekaligus, sehingga dapat diperkirakan akan menjadi paling efektif,

Ø  Penyelenggaraan pendidikan bagi orang dewasa
Menciptakan suatu struktur untuk perencanaan bersama. Secara ideal struktur semacam ini seharusrwa melibatkan semua pihak yang akan terkenai kegiatan pendidikan yang direncanakan, yaitu termasuk para peserta kegiatan belajar atau siswa, guru atau fasilitator, wakil-wakil lembaga dan masyarakat
A ) Menciptakan iklim belajar yang mendukung untuk orang dewasa belajar. Adalah sangat penting menciptakan iklim kerjasama yang menghargai antara guru dan siswa. Suatu iklim belajar orang dewasa dapat dikembangkan dengan pengaturan lingkungan phisik yang memberikan kenyamanan dan interaksi yang mudah, misalnya mengatur kursi atau meja secara melingkar, bukan berbaris-berbaris ke helakang. Guru lebih bersifat membantu bukan menghakimi. 
B ) Diagnosa sendiri kebutuhan belajamya. Diagnosa kebutuhari harus melibatkan semua pihak, dan hasilnya adalah kehutuhan bersama.
C ) Formulasi tujuan. Agar secara operasional dapat dikerjakan maka perumusan tujuan itu hendaknya dikerjakan bersama-sama dalam deskripsi tingkah laku yang akan dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut diatas.
D ) Mengembangkan model umum. ini merupakan aspek seni dan perencanaan program, dimana harus disusun secara harmonis kegiaan belajar dengan membuat kelompok-kelompok belajar baik kelompok besar maupun kelompok kecil.
E ) Perencanaan evaluasi. Seperi halnya dalam diagnosa kebutuhan, dalam evaluasi harus sejalan dengan prinsip-prinsip orang dewasa, yaitu sebagai pribadi dan dapat mengarahkan diri sendiri. Maka evaluasi lebih bersifat evaluasi sendiri atau evaluasi hersama.





sejarah revolusi Cina


Revolusi Cina Abad 19
(Disusun guna untuk memenuhi tugas mata kuliah Seajara Asia Timur II)
(Dosen Pengampu Mata Kuliah Sumaryono,M.Si)


Disusun Oleh :
NARA SETYA WIRATAMA           100210302001
I MADE PUJA LAKSANA              100210302002
FANDU DYANGGA PREDETA     100210302003
MUHAMMAD ADI GUNAWAN   100210302004
EKA AULIA PITRI YANA             100210302005
MARFIANA CHAIRUNNISA        100210302006

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2012
KATA PENGANTAR
                                                                                                                                                    
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Revolusi Cina Abad 19
Penulis menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu penulis harapkan demi kesempurnaan Makalah ini.
Akhir kata, penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan Makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kami. Amin.

            Pemulis

         


DAFTAR ISI
COVER…………………………………………………………………………….           
KATA PENGANTAR……………………………………………………………..          
DAFTAR ISI………………………………………………………………………
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………….          
1.1                        Latar belakang………………………………………………………...        
1.2                        Rumusan Masalah…………………………………………………………. 
1.3                        Manfaat…………………………………………………………………...   
BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………………..           
2.1 Keadaan Bangsa Burma dan Kedatangan Inggris…………………….
2.2 Konflik Antara Inggris dan Kerajaan Burma……………………………….
2.3 Burma Menjadi Wilayah Jajahan Inggris…………………………………….
2.4 Munculnya Nasionalisme………………………………………………
2.5 Akhir Masa Kolonialisme Inggris dan Awal Kolonialisme Jepang……………..
2.6 Kemerdekaan Semu……………………………………
2.7 Perang Kemerdekaan…………………………………….

BAB III PENUTUP………………………………………………………………..
3.1 kesimpulan……………………………………………………………………..
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………...............

BAB I .PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Pada akhir periode Dinasti Qing, China yang selama dua ribu tahun berada dalam kekuasaan yang berdasar atas system kekaisaran akhirnya mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan rakyat yang merasa Dinasti Qing pada akhir kekuasaannya Dinasti Qing (清朝, 16441911) didirikan menyusul kekalahan Dinasti Ming, dinasti terakhir Han Cina, oleh suku Manchu (滿族,满族) dari sebelah timur laut Cina pada tahun 1644. Dinasti ini merupakan dinasti feodal terakhir yang memerintah Cina. Diperkirakan sekitar 25 juta penduduk tewas dalam periode penaklukan Manchu atas Dinasti Ming (1616-1644). Bangsa Manchu kemudian mengadopsi nilai-nilai Konfusianisme dalam pemerintahan mereka, sebagaimana tradisi yang dilaksanakan oleh pemerintahan dinasti-dinasti pribumi Cina sebelumnya. Pada Pemberontakan Taiping (1851–1864), sepertiga wilayah Cina sempat jatuh dalam kekuasaan Taiping Tianguo, suatu gerakan keagamaan kuasi-Kristen yang dipimpin Hong Xiuquan yang menyebut dirinya "Raja Langit".
Pada tanggal 12 Februari 1912, kaisar terakhir Qing, Kaisar Xuantong turun tahta, menyusul Revolusi Xinhai. Sebulan setelahnya, pada 12 Maret 1912, Republik Cina didirikan dengan Sun Yat-sen sebagai presiden pertamanya.Perbudakan di Cina dihapuskan pada tahun 1910. Pada tahun 1928, setelah konflik berkepanjangan antara panglima-panglima perang yang terjadi antara 1916-1928, sebagian besar Cina dipersatukan di bawah Kuomintang (KMT) oleh Chiang Kai-shek. Sementara itu, Partai Komunis Cina (PKC) yang berhaluan komunis mulai juga menancapkan pengaruhnya dan menjadi pesaing utama Kuomintang yang menimbulkan Perang Saudara Cina.Kedua partai Cina ini secara nominal sempat bersatu dalam menghadapi pendudukan Jepang yang dimulai tahun 1937, yaitu selama Perang Sino-Jepang (1937-1945) yang merupakan bagian Perang Dunia II. Mengikuti kekalahan Jepang tahun 1945, permusuhan KMT dan PKC berlanjut kembali setelah usaha-usaha rekonsiliasi dan negosiasi gagal mencapai kesepakatan. (Lihat: Perang Saudara Cina).
Di akhir Perang Dunia II tahun 1945 sebagai bagian dari penyerahan kekuasaan Jepang, pasukan Jepang di Taiwan menyerah kepada pasukan Republik Cina di bawah Chiang Kai-shek yang memegang kendali atas Taiwan. Konflik antara partai-partai Cina yang dimulai sejak 1927 berakhir secara tak resmi dengan pengunduran diri Kuomintang ke Taiwan pada tahun 1949 dan menjadikan Partai Komunis Cina sebagai penguasa tunggal di Cina daratan. Sampai sekarang, pemerintah yang memerintah Taiwan masih menggunakan nama resmi "Republik Cina" walaupun secara umum dikenal dengan nama "Taiwan".
Untuk itu kelompok kami akan membahas perjalanan Revolusi Xinhai oktober 1911 hingga tebentuknya Negara China seperti sekarang ini.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Bagaimana Terjadinya Perang candu?
2.      Bagaimana  proses keruntuhan  Dinasti Qing & Latar Belakang timbulnya nasionalisme china?
3.      Bagaimanakah ajaran Sun Yat-Sen sebagai tokoh nasionalisme China?
4.      Bagaiamanakah jalannya revolusi China 1911?
5.      Bagaiamana keterkaitan China dalam Perang Dunia I?

1.3  Tujuan
1    Mengetahui terjadinya perang candu
2        Mengetahui proses runtuhnya Dinasti Qing sebagai bentuk pemerintahan kekaisaran terakhir di China & latar belakang timbulnya nasionalisme China.
3        Mengetahui ajaran Sun yat sen sebagai tokoh nasionalisme di China.
4        Mengetahui bagaimana jalannya revolusi China 1911.
5        Mengetahui bagaimana keterkaitan China dalam perang Dunia I.







BAB II.PEMBAHASAN
2.1 Perang Candu
            Perang dalam negeri (pemberontakan) maupun invasi negara asing yang terjadi nyaris berentetan dalam kurun waktu 100 tahun sebelum kejatuhan Dinasti Qing. Rentetan diawali dengan kekalahan Dinasti Qing pada Perang Candu I (1839-1842) yang sebelumnya didahului trade imbalance antara Kerajaan Inggris dengan Dinasti Qing. Kerajaan Inggris berusaha menyiasati kerugian dengan memperdagangkan candu yang akhirnya menjadi nama militer konflik terbuka antara dua kekuatan ini.
Sebagai pecundang, menurut Perjanjian Nanking, Pemerintah Qing diharuskan membayar total 21 juta dollar dan dikenakan bunga 5% per tahun jika tidak mencicil tepat waktu. Termasuk juga menjadikan Hong Kong sebagai koloni Kerajaan Inggris. Perang Candu I berakhir hanya untuk disambung dengan Pemberontakan Taiping (1851-1864) yang semakin melemahkan Dinasti Qing. Untuk diketahui, ini adalah perang dengan korban terbanyak untuk abad 19. Pemerinatahan Kaisar Xianfeng (1850-1861) bahkan didominasi oleh pemberontakan ini. Sang Kaisar tidak memiliki cukup umur untuk menyaksikan pemberontakan ini ditumpas tuntas.
Perang seakan-akan melepas rindu dengan Dinasti Qing. Dalam kurun waktu pemberontakan Taiping, muncul pemberontakan lain seperti : Pemberontakan Panthay (1856-1873) dan Pemberontakan Dungan I (1862-1877). Tak ketinggalan juga Perang Candu II (1856-1860) Walaupun pemberontakan demi pemberontakan bisa ditumpas, tapi kondisi Dinasti makin lemah. Dinasti Qing lagi-lagi harus membayar kerugian perang karena lagi-lagi kalah pada Perang Candu II. Salah satu yang harus dipenuhi pada Perjanjian Tianjin adalah harus membayar 2 juta tael kepada masing-masing Kerajaan Inggris dan Perancis. Selain itu harus membayar 3 juta tael untuk kerugian Pedagang Inggris. Ganti rugi terbesar diwajibkan Perjanjian Shimonoseki setelah Dinasti Qing kalah dalam Perang Sino Jepang (1894-1895) yaitu sebesar 340,000,000 tael atau sama dengan 13,600 ton batangan perak. Ini senilai dengan 510,000,000 yen, setara dengan 6.4 kali pemasukan Pemerintah Jepang saat itu.
Belajar dari kekalahan. Itulah langkah yang diambil Dinasti Qing setelah melihat kenyataan bobroknya kekuatan mereka saat menghadapi Pemberontakan Taiping dan 2 kali Perang Candu. Tak lama setelah Kaisar Tongzhi naik tahta untuk menggantikan Kaisar Xianfeng, pada tahun yang sama 1861, dimulailah gerakan modernisasi dengan mempelajari dan mencontoh kemajuan Negara-negara Eropa yang digagas oleh Paman Raja Gong. (Beliau adalah adik tiri dari Kaisar Xianfeng, yang berarti paman dari kaisar Tongzhi).
Sampai tahun 1895, modernisasi yang dilaksanakan meliputi berbagai bidang seperti kemiliteran (pelatihan, persenjataan, struktur, taktik dsb), bidang tarif dagang, komunikasi, perkapalan, perkereta-apian, produksi, pendidikan. Yang perlu ditekankan adalah efek pada modernisasi pendidikan. Di masa inilah untuk pertama kalinya, pihak dinasti mensponsori pengiriman pelajar untuk belajar di luar negeri. Inilah kesempatan untuk belajar langsung pada Negara-negara Barat dan setelah pulang, menerapkannya untuk me-modernisasi Dinasti Qing.
Pada prosesnya usaha ini bukan tanpa halangan. Kaum konfusianis konservatif masih menganggap bahwa China tidak perlu jalan ala Barat untuk mencapai kejayaan. Tidak tanggung-tanggung, kaum pro modernisasi harus menghadapi penyokong konfusianis konservatif yaitu Ibu Suri Cixi (Istri dari Kaisar Xianfeng, yang berarti Ibu kandung Kaisar Tongzhi) Ironisnya, yang menyebabkan modernisasi ini gagal bukan perlawanan dari Konfusianis Konservatif tapi KORUPSI dan NEPOTISME yang sudah amat sangat kronis. Gerogotan korupsi dan gangguan nepotisme membantu mewujudkan kekalahan total angkatan laut hasil modernisasi (yang disebut Angkatan Laut Beiyang) pada perang Sino-Jepang.    Sentimen anti Manchu muncul kembali. Sejak Dinasti Qing berkuasa di China, rakyat masih menggangap bahwa orang Han dipimpin oleh orang Manchu. Walaupun ada usaha untuk membaurkan etnis Han dengan etnis Manchu, hasilnya masih tidak menonjol. Malah setelah menyaksikan kekalahan bertubi-tubi, keinginan untuk memimpin diri sendiri bagi etnis Han, makin kuat. Namun setelah menyadari bahwa persoalan bukan pada dari etnis mana yang memerintah melainkan dari efektif tidaknya pemerintahan, sentimen ini beralih menjadi pemicu revolusi untuk menggulingkan sistem dinasti feodal.

2.2 Latar Belakang Timbulnya Nasionalisme Cina
            Cina merupakan negara yang memiliki sejarah cukup tua. Negara ini diperintah oleh berbagai dinasti. Kepala pemerintahannya disebut kaisar. Salah satu dinasti asing yang pernah menguasai Cina adalah dinasti Manchu (dinasti Ching) 1644 – 1912 yang berasal dari Manchuria.
Nasionalisme Cina tersulut setelah rakyat kecewa terhadap penguasa Manchu yang dinilai bukan dinasti keturunan Cina. Kebencian itu semakin memuncak setelah bangsa Inggris mengungguli pasukan kaisar dalam Perang Candu tahun 1842. Kaisar dinilai lemah dan bertanggung jawab atas penderitaan rakyat Cina akibat penjajahan bangsa Eropa, AS dan Jepang. Akhirnya revolusi pun pecah. Kaisar Manchu tahun 1911 digulingkan oleh rakyatnya sendiri dan Cina menjadi republik. Namun republik ini rapuh karena panglima perangnya saling bertikai.
Dr. Sun Yat Sen merupakan tokoh nasionalis Cina ternama. Ia mencita-citakan Cina baru yang didasarkan San Min Chu I (Tiga Sendi Kedaulatan Rakyat) yaitu nasionalisme, demokrasi dan sosialisme. Revolusi nasional di bawah pengaruhnya meletu di Wuchang 11 Oktober 1911. Mulanya revolusi ini berperan di Cina Selatan, sementara Cina Utara masih dikuasai orang Manchu (kaisar Pu Yi) dan para Warlord (panglima perang). Demi membentuk Cina bersatu (utara dan selatan) ia rela menjadi presiden jendral Yuan Shih Kai 1911-1916 (salah satu Warlord yang berpengaruh). Sementara Dr. Sun Yat Sen mengundurkan diri ke Kanton dan mendirikan KuoMinTang (Partai Nasionalis). Antara 1916-1922 di Cina terjadi kekacauan dan akhirnya dapat dipadamkan dan Dr. Sun Yat Sen menjadi preesiden sampai akhir hayatnya 1924. Sebab-sebab timbulnya nasionalisme Cina adalah sebagai berikut:
1)Lenyapnya kepercayaan rakyat Cina terhadap Dinasti Manchu. DinastiManchu yang  pernah membawa kejayaan Cina, kemudian menjadi pudar setelah kedua kaisar besar (K'ang Hsi dan Ch'ien Lung) meninggal. Akibatnya, lenyap pula kemakmuran Cina.
2)  Pemerintahan Manchu dianggap kolot dan telah bobrok.
3)Adanya korupsi dan pemborosan yang merajalela, terutama di kalangan
Istana Manchu.
4) Kekalahan Cina dalam Perang Cina–Jepang I.
5) Munculnya kaum intelektual Cina. Mereka telah mengenal pahampaham Barat, seperti liberalisme, nasionalisme, dan demokrasi. Dari kaum intelektual inilah kemudian muncul cita-cita untuk menggulingkan pemerintahan Manchu.

2.3Ajaran Sun Yat-Sen sebagai Tokoh Nasionalisme China

Ajaran-ajaran yang dibawa oleh Sun Yat-Sen sebagai salah satu tokoh dan juga pelopor revolusi dan nasionalisme di China ini antara lain adalah: Tiga Prinsip Rakyat (San Min Chu I), adalah sebuah politik filsafat yang dikembangkan oleh Sun Yat-sen sebagai bagian dari filosofi untuk membuat Cina yang bebas, makmur, dan kuat bangsa. Filosofi ini telah diklaim sebagai landasan Republik China pemerintahan seperti dibawa oleh Kuomintang (KMT). The principles also appear in the first line of the National Anthem of the Republic of China . Prinsip-prinsip yang juga muncul dalam baris pertama Lagu Kebangsaan Republik Cina. Adapun isi dari ketiga prinsip rakyat tersebut adalah:
§  Prinsip Minzu
Prinsip This (民族主義, Mínzú Zhǔyì) is commonly rendered as nationalism , literally the Peoples relation or government of the People.ini biasanya diterjemahkan sebagai nasionalisme, harfiah Rakyat, relasi atau pemerintah rakyat. By this, Sun meant freedom from imperialist domination. Dengan ini, Sun meyakini bahwa kebebasan itu dari dominasi imperialis. To achieve this he believed that China must develop a "civic-nationalism", Zhonghua Minzu , as opposed to an "ethnic-nationalism", so as to unite all of the different ethnicities of China, mainly composed by the five major groups of Han , Mongols , Tibetans , Manchus , and the Muslims (such as the Uyghurs ), which together are symbolized by the Five Color Flag of the First Republic (1911-1928). Untuk mencapai hal ini ia percaya bahwa Cina harus mengembangkan sebuah "civic-nasionalisme", sebagai lawan kepada "nasionalisme etnis", sehingga dapat menyatukan semua perbedaan etnis Cina, terutama terdiri dari lima kelompok utama dari Han , Mongol, Tibet, Manchu, dan Muslim (seperti Uyghurs), yang bersama-sama dilambangkan oleh Lima Warna Bendera Republik Pertama (1911-1928). This sense of nationalism is different from the idea of "ethnocentrism," which equates to the same meaning of nationalism in Chinese language. Rasa nasionalisme ini berbeda dari gagasan "etnosentrisme," yang setara dengan makna yang sama nasionalisme dalam bahasa Cina.
§  [ edit ] The Principle of MínquánPrinsip Minquan
This (民權主義, Mínquán Zhǔyì) is usually translated as democracy ; literally the Peoples power or government by the People.            Prinsip ini biasanya diterjemahkan sebagai demokrasi (harfiah Rakyat daya atau pemerintah oleh Rakyat). To Sun, it represented a Western constitutional government. Bagi Sun, ini mewakili pemerintah konstitusional Barat. First, he divided political life of his ideal for China into two sets of 'powers': Pertama, ia membagi kehidupan politik yang ideal untuk Cina dalam dua set kekuasaan atau kekuatan:

1.    Kekuatan Politik

These (政權, zhèngquán) are the powers of the people to express their political wishes, similar to those vested in the citizenry or the parliaments in other countries, and is represented by the National Assembly .Ini adalah kekuatan masyarakat untuk mengekspresikan keinginan politik mereka, mirip dengan yang diberikan kepada rakyat atau parlemen di negara-negara lain, dan diwakili oleh Majelis Nasional. There are four of these powers: election (選舉), recall (罷免), initiative (創製), and referendum (複決). Ada empat kekuatan ini: pemilu, ingat, inisiatif, dan referendum. These may be equated to " civil rights ". Ini dapat disamakan dengan "hak-hak sipil".

2.    [ edit ] The power of governanceKekuatan Pemerintahan

These (治權, zhìquán) are the powers of administration.Ini adalah kekuasaan pemerintahan.Here he expanded the European-American constitutional theory of a three-branch government and a system of checks and balances by incorporating traditional Chinese administrative tradition to create a government of five branches (each of which is called a yuàn or 'court'). Di sini ia memperluas Eropa-Amerika teori konstitusional dari tiga cabang pemerintahan dan sistem check and balance dengan memasukkan tradisi administrasi Cina tradisional untuk menciptakan pemerintahan lima kantor cabang (masing-masing yang disebut yuan atau 'pengadilan'). The Legislative Yuan , the Executive Yuan , and the Judicial Yuan came from Montesquieuan thought; the Control Yuan and the Examination Yuan came from Chinese tradition. The Legislatif Yuan, yang Eksekutif Yuan, dan Yuan Yudisial berasal dari Montesquieuan pikiran; di Control Yuan dan Ujian Yuan berasal dari tradisi Cina. (Note that the Legislative Yuan was first intended as a branch of governance, not strictly equivalent to a national parliament.) (Perhatikan bahwa Yuan Legislatif pertama kali dimaksudkan sebagai cabang pemerintahan, tidak sepenuhnya sama dengan parlemen nasional.)

§  [ edit ] The Principle of MínshēngPrinsip Minsheng

Prinsip This (民生主義, Mínshēng Zhǔyì) is sometimes translated as the Peoples welfare/livelihood, Government for the People – or even socialism , though the government of Chiang Kai-shek shied away from translating it as such.ini kadang-kadang diterjemahkan sebagai kesejahteraan  rakyat (mata pencaharian) Pemerintah untuk Rakyat atau bahkan sosialisme, meskipun pemerintah Chiang Kai-shek menjauhi menerjemahkan seperti itu. The concept may be understood as social welfare or as populist ("for the people", "to pleasure the people") governmental measures. Konsep dapat dipahami sebagai kesejahteraan sosial atau sebagai populis ( "untuk rakyat", "untuk kesenangan rakyat") langkah-langkah pemerintah. Sun understood it as an industrial economy and equality of land holdings for the Chinese peasant farmers. Matahari dipahami sebagai ekonomi industri dan persamaan kepemilikan tanah bagi petani Cina. Here he was influenced by the American thinker Henry George (see Georgism ); the land value tax in Taiwan is a legacy thereof. Di sini ia dipengaruhi oleh pemikir Amerika Henry George (lihat Georgism); yang nilai tanah pajak di Taiwan adalah sebuah warisan daripadanya. He divided livelihood into four areas: food, clothing, housing, and transportation; and planned out how an ideal (Chinese) government can take care of these for its people. Dia mata pencaharian dibagi menjadi empat wilayah: makanan, pakaian, perumahan, dan transportasi; dan merencanakan cara yang ideal (Cina) Pemerintah dapat mengurus ini bagi orang-orang.
Tradisi moral yang dianjurkan oleh Dr Sun adalah terdiri dari "jalan kerajaan" dan berarti emas. The former means "what to be," while the latter means "where to be." Mantan berarti "apa yang menjadi," sementara yang kedua berarti "tempat untuk menjadi." The Three Principle of the Peoples will accordingly be enacted in the following ways: Tiga Prinsip Rakyat sesuai akan diundangkan dengan cara berikut:
a.       a. The Principle of Nationalism Prinsip Nasionalisme

·           1.To liberate the Chinese people from oligarchy;Untuk membebaskan orang-orang Cina dari oligarki;
·           2.To give every ethnic group in China equal opportunity;Memberikan setiap kelompok etnis di Cina kesempatan yang sama
·           3.To help deliver the people of the world from any form of oppression.Untuk membantu memberikan orang-orang di dunia dari segala bentuk penindasan.

b. b. The Principle of Democracy Prinsip Demokrasi
·         1.The anthentic equality; equably from the starting point; equality of opportunities; service to avert inequality to equality.The anthentic kesetaraan; equably dari titik awal; kesetaraan kesempatan; layanan untuk mencegah ketidaksetaraan kesetaraan.
·         2.The rights sufficiently enjoyed by the people; direct votes to elect officials and to make law.Cukup hak-hak yang dinikmati oleh seluruh rakyat; langsung suara untuk memilih pejabat dan membuat hukum.
·         3.A all-powerful government.Sebuah pemerintah mahakuasa

c.c. The Principle of Livelihood Prinsip Penghidupan
·         The equalization of land-ownership; Pemerataan kepemilikan tanah
·         2."The land to the tiller" program;"Tanah ke kemudi" program
·         3.The control of private capital and the development of national capital.Kontrol modal swasta dan pembangunan modal nasional.
The enactment of The Three Principles of the People will provide all the Chinese people with opportunity to be equal ethnically, politically and economic-ally.            Berlakunya Tiga Prinsip Rakyat akan memberikan semua orang-orang Cina dengan kesempatan untuk menjadi sama etnis, politik dan ekonomi-sekutu. The new epoch of Chinese culture has begun since Dr. Sum founded the first democratic Republic in Asia. Zaman baru dari budaya Cina telah dimulai sejak Dr Sum mendirikan Republik demokratis pertama di Asia. It is certain that the Chinese people, being the holder of the old moral tradition, will attain the goals: to establish a strong and prosperous China and to promote the brotherhood of peoples in the world. Sudah pasti bahwa orang-orang Cina, sebagai pemegang tradisi moral yang lama, akan mencapai tujuan: untuk membangun yang kuat dan makmur Cina dan untuk mempromosikan persaudaraan bangsa-bangsa di dunia
2.4 Jalannya Revolusi China 1911
Kekalahan Cina dalam Perang Candu, 1839-1842 dan 1856-1860, di tangan kekuasaan kolonial Inggris, menjadi titik balik dalam sejarah Cina modern. It was the first time that China's territorial sovereignty was compromised by its rulers who signed what is known as “unequal” the Treaty of Nanking (Treaty of Nanjing). Ini adalah pertama kalinya bahwa kedaulatan teritorial Cina itu dikompromikan oleh para penguasa yang ditandatangani apa yang dikenal sebagai "tidak setara" Perjanjian Nanking (Perjanjian Nanjing).   In the subsequent decades, the declining Qing Dynasty, after every defeat at the hands of colonial powers, further surrendered China's territory and sovereignty. Dalam dekade berikutnya, penurunan Dinasti Qing, setelah setiap kekalahan di tangan kekuasaan kolonial, cina menyerah lebih lanjut wilayah dan kedaulatan. These developments generated unprecedented level of nationalistic sentiments among the Chinese people against the centuries-old dynastic rule which they held responsible for China's backwardness as well as the humiliating defeats it suffered against the foreign invaders. Perkembangan ini menghasilkan tingkat belum pernah terjadi sentimen kebangsaan di antara orang-orang Cina menentang dinasti berabad-abad aturan yang mereka bertanggung jawab atas keterbelakangan Cina serta memalukan kekalahan yang dideritanya melawan penyerbu asing. Since then, the feelings of nationalism have thrived unabated in China and have been aptly capitalised by successive Chinese leaders for domestic and external policies. Sejak saat itu, perasaan nasionalisme telah berkembang berlanjut di Cina dan telah tepat berturut huruf besar oleh para pemimpin Cina untuk kebijakan domestik dan eksternal. The nature of nationalism changed under different circumstances, the ultimate objective, however, remained the same: “to seek and preserve China's national independence.” 1 Sifat nasionalisme berubah dalam keadaan yang berbeda, tujuan akhir, bagaimanapun, tetap sama: "untuk mencari dan mempertahankan kemerdekaan nasional Cina."
Adapun sebelum terjadinya revolusi China pada tahun 1911, pemerintahan di China ini dipegang oleh salah satu dinasti asing yang memerintah di China, yakni dinasti Qing. Dinasti Qing (1644 - 1911), dikenal juga sebagai Dinasti Manchu dan adalah satu dari dua dinasti asing yang memerintah di Cina setelah dinasti Yuan Mongol dan juga adalah dinasti yang terakhir di Cina. Asing dalam arti adalah sebuah dinasti pemerintahan non-Han yang dianggap sebagai entitas Cina di zaman dulu. Dinasti ini didirikan oleh orang Manchuria dari klan Aisin Gioro (Hanyu Pinyin: Aixinjueluo), kemudian mengadopsi tata cara pemerintahan dinasti sebelumnya serta meleburkan diri ke dalam entitas Cina itu sendiri. Berkaitan dengan hal itu Sun Yat-Sen adalah satu-satuny tokoh di China yang menganggap bahwa :dinasti Qing ini adalah bangsa penjajah dan alangkah lebih baiknya jika tidak memerintah lebih lama lagi di China, dimana kebijakan-kebijakan yang ada pada masa pemerintahan dinasti Qing ini sangat bersifat feodal dan diktatoris, serta membawa dampak yang buruk bagi kelangsungan bangsa China, sehingga munculah rasa ingin mengubah hal tersebut dan akhirnya Sun Yat-Sen berhasil mengalahkan imperium dinasti Qing dan mulailah terjadi perubahan sistem pemerintahan di China yang lebih dikenal dengan revolusi China yang dimulai pada tahun 1911.
2.4.1 Berdirinya Partai Nasional Cina
Pada tanggal 24 November 1894 Sun Yatsen mendirikan perkumpulan Cina Bangkit Kembali di Hawaii. Perkumpulan ini merupakan perkumpulan revolusioner Cina pertama, dan para anggotanya terdiri dari orang-orang Cina perantauan. Perkumpulan ini mempunyai tujuan untuk menumbangkan Dinasti Qing dan mendirikan negara Republik Nasional Cina. Saat Sun Yatsen berada di Jepang atas undangan mahasiswa Cina di Jepang, Sun Yatsen yang ingin mengembangkan Xing Zhong Hui mengajak beberapa perkumpulan revolusioner yang mempunyai visi dan misi yang sama untuk bergabung. Sehingga terbentuk suatu perkumpulan yang disebut dengan Tong Meng Hui (Perkumpulan Persatuan) pada tahun 1906.
Pada tanggal 25 Agustus 1912 Song Jiaoren dan Sun Yatsen membentuk partai baru, yaitu Partai Nasional Cina (Guomindang) di Guangdong. Partai Nasional Cina (PNC) merupakan gabungan dari beberapa partai, diantaranya adalah Partai Demokrasi (Min Zhu Dang), Partai Persatuan (Tong Yi Dang), Partai Republik (Gong He Dang) dan Perkumpulan Persatuan (Tong Meng Hui).

2.4.2 Berdirinya Partai Komunis Cina
Berdirinya Partai Komunis Cina (Gong Chan Dang) dilatarbelakangi oleh Revolusi Bolshevik. Karena setelah revolusi ini berhasil, komunisme mulai membentangkan sayapnya keseluruh dunia, salah satunya adalah negara Cina. Keberhasilan Revolusi Bolshevik sangat menarik perhatian para intelektual Cina, sehingga mereka banyak mempelajari buku-buku ajaran komunisme. Hilangnya kepercayaan intelektual Cina terhadap negara-negara Barat, semakin membuat mereka menyukai paham komunisme.
Li Dazhao, seorang profesor di bidang sejarah dan juga seorang kepala perpustakaan pada tahun 1918 mendirikan perkumpulan “New Tide Society” yang mengkaji ajaran Marxisme. Perpustakaannya terkenal dengan sebutan “Kamar Merah” (Hong Lou). Salah satu pengikutnya adalah Mao Zedong, seorang asisten perpustakaan Universitas Beijing (Beijing Daxue), Chen Duxiu seorang dekan fakultas sastra, dan beberapa kaum intelektual lainnya.
Uni Soviet yang sedang mengembangkan komunisme mulai mencari jalan, salah satunya adalah mengeluarkan manifesto politik yang menguntungkan Cina pada Juli 1919 oleh Deputi Komisaris Urusan Luar Negeri, Leo Karakhan. Berikut adalah beberapa dari manifesto politik tersebut, yaitu:
·         Uni Soviet akan mengembalikan semua daerah dan konsesi yang berdasarkan “perjanjian tidak    seimbang” kepada Cina.
·         Hak ekstrateritorialitas dan pampasan perang dari peristiwa tinju akan dihapus.
·         Uni Soviet akan berhenti ikut serta dalam mengelola bea cukai dan pajak garam di Cina.
Manifesto tersebut membuat para intelektual Cina semakin terpikat pada komunis.  Kemudian pada tahun 1919 mendirikan cabang komintern di Shanghai di bawah pimpinan Voitinsky. Kemudian atas desakan komintern berdirilah Partai Komunis Cina pada Juli 1921 dan yang menjadi Sekertaris Jenderal PKC pertama adalah Chen Duxiu.

2.4.3 Partai Nasional Cina berkoalisi dengan Partai Komunis Cina
Partai Komunis Uni Soviet (PKUS) menganggap bahwa PNC bersifat borjuis, tetapi menentang imprealisme dan juga menganggap bahwa PNC adalah inti dari revolusi nasional di Cina. Karena hal itulah PKUS mengutus Ir. H.J. Sneevliet alias Maring untuk bertemu dan mengadakan kerjasama dengan Sun Yatsen. Pada saat sidang komite sentral PKC bulan Agustus 1922, Sneevliet menyerukan kepada para pemimpin komintern untuk membujuk PKC bahwa anggota mereka harus masuk ke PNC.
PKC kemudian mengirimkan perwakilan untuk merundingkan dengan Sun Yatsen dan mengusulkan pembentukan front persatuan untuk melawan musuh-musuh PNC dan menyatukan Cina. Uni Soviet kemudian mengirim A.A. Yoffe untuk mengadakan perjanjian bersama pada tanggal 26 Januari 1923 yang isinya sebagai berikut (Nio, Joelan, Tiongkok Sepandjang Abad):
·         Komunis atau sistem soviet tidak akan cocok diterapkan di Cina, karena di Cina tidak ada keadaan yang memungkinkan tumbuhnya atau sovietisme dengan berhasil,
·         Masalah terpenting bagi Cina adalah persatuan bangsa dan kemerdekaan nasional,
·         Cina dapat mengandalkan bantuan dari Uni Soviet.
Setelah pernyataan tersebut disetujui oleh kedua belah pihak, kemudian pada bulan Januari 1924 PNC mengadakan Konggres Nasional pertama di Guangdong. Menurut Willem G.J Remmelink (penterjemah) dalam buku Sejarah Cina: Ikhtisar Sejarah dan Kebudayaan Cina dari zaman prasejarah sampai masa kini, konggres ini memutuskan bahwa anggota PKC diperbolehkan masuk ke dalam PNC secara perseorangan dengan syarat mereka harus tunduk kepada asas-asas PNC dan memperoleh jumlah kursi yang sebanding dalam organisasi partai pada berbagai tingkat dan bahwa penerapan komunisme di Cina pada saat itu belum memungkinkan.
Atas instruksi Sun Yatsen, kemudian Chiang Kaishek (Jiang Zhongzheng) beranggapan bahwa PKUS tidak paham keadaan yang sesungguhnya mengenai revolusi di Cina. dalam laporannya kepada Sun Yatsen, Chiang Kaishek mengatakan bahwa PKUS berusaha membagi masyarakat kedalam perjuangan kelas agar terjadi konflik diantara mereka.
Chiang Kaishek percaya bahwa institusi politik soviet merupakan alat dari tirani dan teror, dan pada dasarnya bertentangan dengan politik ideal PNC. Menurut pengamatannya siasat Soviet dan program dari revolusi dunia yang disebarluaskan oleh Uni Soviet bisa mengancam kemerdekaan nasional. Karena hal itulah ia menentang adanya kerjasama antara PNC dan PKC, tetapi pendapatnya bertentangan dengan Sun Yatsen. Sun Yatsen menganggap Chiang Kaishek terlalu berlebihan dalam menilai Uni Soviet, dan Sun Yatsen berpendapat bahwa selama PNC dan San Min Zhu Yi diakui sebagai pemimpin revolusi nasional, maka kaum komunis dapat dimanfaatkan.
Sun Yatsen kemudian memerintahkan Chiang Kaishek untuk mendirikan Akademi Militer di Whampoa. Sementara itu Uni Soviet mengirimkan penasehatnya ke Cina, salah satunya adalah Michael Borodin yang kemudian menjadi penasehat politiknya Sun Yatsen dan Jenderal Vasili Blucher alias Von Gallen diangkat sebagai pembantu teknis kemiliteran.

2.4.5 Tragedi Wuhan
Pada tahun 1911 Republik Cina berdiri setelah dinasti Qing tidak berhasil mempertahankan kekuasaannya. Sun Yatsen adalah orang yang mempunyai peran penting dalam menumbangkan dinasti Qing, tetapi yang menjadi presiden pertama Cina adalah Yuan Shikai. Hubungan antara Yuan Shikai dengan Sun Yatsen sering terjadi ketegangan. Sun Yatsen berada di daerah Cina Selatan dan Yuan Shikai berada di Cina Utara.
Sun Yatsen menginginkan antara Cina Utara dan Selatan bersatu, akan tetapi untuk mewujudkannya sangat sulit karena adanya para warlord (raja perang; junfa). Para warlord itu antara lain adalah:
1.      Duan Qirui dari klik Anhui (Wanxi),
2.      Zhang Zuolin dari klik Fengtian (Fengtianxi),
3.      Feng Guozhang's dari klik Zhili (Zhixi) tetapi telah diambil alih oleh Cao Kun, Wu Peifu , and Sun Chuanfang pada tahun 1919.
Dalam upayanya untuk mempersatukan seluruh wilayah Cina, maka Sun Yatsen merencanakan ekspedisi ke utara. Tetapi sebelum ekspedisi itu dilaksanakan, Sun Yatsen meninggal dunia. Sejak saat itu PNC menjadi terpecah menjadi tiga kelompok, yaitu:
1.      Aliran progresif (sayap kiri) dibawah pimpinan Wang Qingwei
2.      Aliran konservatif (sayap kanan) dibawah pimpinan Hu Hanmin
3.      Tentara hasil lulusan Akademi Militer Whampoa dibawah pimpinan Chiang Kaishek
Chiang Kaishek kemudian berusaha mewujudkan harapan Sun Yatsen dan merencanakan operasi militer dengan membagi pasukan militernya, yaitu:
1.      Pasukan pertama bergerak kearah utara dengan tujuan Wuhan dibawah pimpinan Jenderal Blucher yang di dominasi sayap kiri,
2.      Pasukan kedua bergerak ke arah timur laut dengan tujuan provinsi Jiangsu.
Jenderal Blucher berhasil merebut Wuhan dan ibukota pemerintah nasional sayap kiri dipindah kesana. Sementara itu Chiang Kaishek berusaha menghindari bentrokan dengan pihak asing ketika berusaha merebut Shanghai. Pada bulan Maret 1927 Shanghai berhasil direbut, empat hari kemudian Nanjing juga berhasil direbutnya.
Sementara itu pada bulan April 1927 terjadi pemogokan oleh kader komunis di Shanghai, mereka bahkan mengambil alih beberapa industri besar dan membagikan senjata kepada kaum buruh. Chiang Kaishek kemudian menangkap dan membantai kaum komunis, peristiwa ini dinamakan “Teror Putih”. Karena adanya pembantaian terhadap kaum komunis oleh Chiang Kaishek, Ketua PKUS Joseph Stalin mengirim telegram kepada Michael Borodin yang isinya antara lain:
·         Tanah harus disita atas permintaan penguasa lokal saja dan bukan pemerintah nasional
·         Partai harus memeriksa pelanggaran terhadap petani
·         Semua anggota militer ang tidak dapat dipercaya harus di pecat
·         Buruh dan petani yang baru di seleksi harus dapat menggantikan anggota lama di Komite Sentral PNC
·         Pengadilan revolusioner untuk pemeriksaan dari anggota militer reaksioner harus segera dibentuk.
Tetapi karena Borodin tidak mampu melaksanakannya, kemudian ia meminta bantuan kepada Mohandas Narayan Roy untuk menyelesaikan masalah tersebut. M.N. Roy memperlihatkan telegram tersebut kepada Wang Qingwei dengan maksud untuk bekerjasama menjalankan instruksi tersebut.
Wang Qingwei meskipun termasuk PNC sayap kiri, tetapi dia adalah seorang nasionalis. Sehingga setelah ia membaca telegram tersebut ia berkesimpulan bahwa Uni Soviet ingin merubah revolusi nasional menjadi Cina komunis. Wang Qingwei kemudian bergabung kembali dengan Chiang Kaishek dan memutuskan hubungan kerjasama PNC-PKC dan mengusir para kader komintern yang diperbantukan pada Republik Cina dari Cina. Pada tanggal 15 Juli 1927 PNC sayap kiri di Wuhan mengusir komunis, sehingga Borodin dan Blucher terpaksa kembali ke Uni Soviet.
Kaum buruh dan tani mengadakan gerakan revolusioner, kaum petani merampas tanah milik tuan tanah lalu membagikan kepada petani penggarap. Stalin menginstruksikan agar gerakan tersebut tetap dilanjutkan. Tetapi Chiang Kaishek segera mengerahkan pasukannya, menangkap buruh-buruh yang mogok, dan menggeledah rumah-rumah yang dicurigai sebagai pusat pemimpin gerakan pemogokan dan sabotase.
Peristiwa ini menyebabkan terputusnya hubungan antara PNC-PKC dan juga menandakan berakhirnya front persatuan. PNC sayap kiri bersatu kembali dengan PNC sayap kanan, bahkan pada bulan februari 1928 pemerintahan di Wuhan dibubarkan, sehingga Nanjing yang dijadikan markas besar Chiang Kaishek kemudian diakui sebagai ibukota.
Didalam PKC sendiri Chen Duxiu dianggap orang yang bertanggungjawab atas kegagalan dalam bekerjasama dengan PNC, sehingga dia dihukum atas dasar oportunisme kanan. Kemudian dipilihlah Mao Zedong sebagai Sekertaris Jenderal PKC yang baru.




2.4.6 Peristiwa Xi’an dan Bersatunya Kembali Partai Nasional Cina dengan Partai    Komunis Cina
Jepang yang mempunyai hak istimewa di jalur kereta api Manchuria Selatan dan juga telah membangun industri secara besar-besaran merasa khawatir dengan kedudukannya setelah Cina mulai bersatu dibawah PNC. Pada tanggal 18 September 1931 terjadi suatu peristiwa, rel kereta api Manchuria Selatan milik Jepang di bongkar. Jepang menuduh Zhang Xueliang panglima pasukan Cina yang melakukannya. Dengan alasan tersebut, Jepang kemudian menyerang pasukan Cina dan merampas Mukden. Pada tahun 1932 Jepang juga mendirikan negara boneka Manchuguo dan Puyi sebagai kepala negaranya.
Cina sangat marah dan melaporkan kepada Liga Bangsa-Bangsa (LBB), tetapi LBB tidak berhasil menangani masalah kedua negara tersebut. Bahkan Jepang kemudian keluar dari LBB. Sebagai akibatnya, rakyat Cina melakukan boikot ketat terhadap barang-barang Jepang. Jepang sangat tidak menyukai adanya pemboikotan ini terutama yang terjadi di Shanghai, sehingga sempat terjadi peperangan antara pasukan Cina dengan Jepang.
Walaupun tentara Jepang telah menyerang Manchuria, tetapi serbuan tersebut kurang mendapat tanggapan dari Chiang Kaishek. Menurut Chiang Kaishek kamunisme sangat berbahaya sehingga harus dimusnahkan terlebih dahulu, sebaliknya bila melawan tentara Jepang merupakan hal yang sia-sia karena tentara Jepang sangat kuat. Bahkan serbuan Jepang ke Manchuria tidak dilawan oleh Chiang Kaishek, dan memerintahkan Panglima Manchuria untuk memindahkan pasukannya ke Xi’an.
Pada tahun 1935 Zhou Enlai utusan PKC secara tidak langsung menemui Chen Lifu utusan PNC untuk mengadakan pendekatan dengan perwakilan pemerintah di Hongkong dan berharap agar pemerintah menunjuk seseorang untuk bernegosiasi. PKC berharap agar perang saudara berhenti dan bersatu melawan Jepang. Ketika Pan Hannian datang bernegosiasi dengan Chen Lifu ke Nanjing, pemerintah Nanjing mengajukan beberapa syarat, yaitu (Chiang, Kaishek, Soviet Russia in China):
Ø Berpegangan pada San Min Zhu Yi (Trisila yang dirumuskan oleh Sun Yatsen)
Ø Mematuhi perintah Chiang Kaishek
Ø Menghapus “Tentara Merah” dan berintegrasi kedalam tentara nasional
Ø Pemerintah Soviet Cina dihapu dan berintegrasi kedalam Pemerintah Nasional.
Keseluruhan syarat tersebut telah disepakati bersama, tetapi belum mendapatkan pengesahan dari Chiang Kaishek.
Sementara itu Mao Zedong berusaha menghasut Zhang Xueliang dan Yang Hucheng. Ia mempengaruhi dan mengajak mereka untuk membentuk suatu front persatuan nasional Cina anti Jepang. Mao Zedong juga menyebutkan bahwa PKC bertujuan untuk mendirikan Republik Rakyat Cina, dimana semua kelompok, perseorangan, dan angkatan bersenjata bersatu melawan Jepang. Kedua panglima tersebut berhasil dipengaruhi dan mereka telah bersedia mendukung demonstrasi mahasiswa di Xi’an yang dipelopori oleh PKC. Demonstrasi itu menuntut Pemerintah Nasional Cina memerangi Jepang.
Chiang Kaishek kemudian pegi ke Xi’an untuk menstabilkan keadaan dan merencanakan mengadakan pertemuan dengan para panglima untuk menjelaskan kebijakan pemerintah terhadap komunis dan Jepang, juga mengenai rencana di balik slogan komunis. Setibanya Chiang Kaishek di Xi’an, ia diculik oleh Zhang Xueliang dan yang Hucheng di penginapannya. Kedua panglima tersebut mengajukan beberapa tuntutan, tetapi Chiang tidak mau memenuhi tuntutan tersebut walaupun keselamatannya terancam. Tuntutan-tuntutan tersebut diantaranya adalah:
·         Menghentikan perang saudara,
·         Membebaskan seluruh tahanan politik,
·         Terjaminnya kebebasan berpolitik dan berorganisasi,
·         Menjalankan amanat Sun Yatsen,
·         Segera membentuk konferensi pembebasan rakyat.

Setelah Pemerintah Nasional Cina di Nanjing mendengar berita penculikan tersebut segera merencanakan mengadakan penyerbuan ke Xi’an, tetapi hal tersebut sulit dilaksanakan karena mengancam keselamatan Chiang sendiri. Pihak Jepang menyatakan bahwa tuntutan tersebut harus ditolak, karena bila tidak Jepang akan menyerbu Shanghai dan Nanjing. Keadaan yang kacau ini dimanfaatkan oleh PKC dengan mengutus Zhou Enlai yang bertindak sebagai penengah untuk menyelamatkan Chiang Kaishek dan mengadakan kerjasama antara PNC-PKC.

Akhirnya Zhang Xueliang dan Yang Hucheng menyadari kesalahannya dan membebaskan Chiang Kaishek. Peristiwa Xi’an membuat PNC-PKC bersatu kembali dan membentuk front persatuan nasional anti Jepang pada tanggal 10 Februari 1937.

2.5Keterkaitan China dalam Perang Dunia I
Adapun keadaan tentang masuknya Republik Cina ke dalam Perang Dunia I adalah sebagai berikut: Pada 4 Februari 1917, Menteri Amerika, Dr Reinsch, meminta Pemerintah Cina untuk mengikuti Amerika Serikat dalam protes terhadap Jerman yang netral melawan kapal selam. On February 9th Pekin made such a protest to Germany, and declared its intention of severing diplomatic relations if the protest were ineffectual. Pada 9 Februari Pekin dibuat seperti protes ke Jerman, dan menyatakan maksud pemutusan hubungan diplomatik jika protes itu tidak efektif. The immediate answer of Germany was to torpedo the French ship Atlas in the Mediterranean on which were over seven hundred Chinese laborers. Jawaban langsung dari Jerman adalah torpedo kapal Prancis Atlas di Mediterania yang sudah lebih dari tujuh ratus buruh Cina. On March 10th the Chinese Parliament empowered the government to break with Germany. Pada 10 Maret Parlemen Cina diberdayakan pemerintah untuk memutuskan hubungan dengan Jerman,On the same afternoon a reply was received from the German Government to the Chinese protest, of a very mild character.The reply produced a great deal of surprise in China. jawaban tersebut mengakibatkan kejutan besar di Cina.
A Chinese statesman made this comment on the German change of attitude : "The troops under Count Waldersee leaving Germany for the relief of Pekin were instructed by the War Lord to grant no quarter to the Chinese. On the other hand, the latter were to be so disciplined that they would never dare look a German in the face again. The whirligig of time brings its own revenge, and today, after the lapse of scarcely seventeen years, we hear the Vossische Zeitung commenting on the diplomatic rupture between China and Germany, 'lamenting that even so weak a state as the Far Eastern Republic dares look defiantly at the German nation."Seorang negarawan China membuat komentar ini pada perubahan sikap Jerman: "Pasukan di bawah Count Waldersee meninggalkan Jerman untuk meredakan Pekin yang diperintahkan oleh Tuhan Perang tidak memberikan kuartal ke Cina. Di sisi lain, pernyataan yang terakhir itu mengandung kesan bahwa mereka tidak akan pernah berani tampak dalam menghadapi Jerman lagi. Seiring berjalannya waktu akhirnya menumbuhkan rasa balas dendam, 'meratapi bahwa bahkan begitu lemah suatu negara sebagai Republik Timur Jauh muncul keberanian melawan negara Jerman". The breaking off of relations with Germany led to trouble between the President of the Republic and the Premier.Putusnya hubungan dengan Jerman menyebabkan masalah antara Presiden Republik dan Premier. The Premier de-sired to break off relations without consulting Parliament. Premier menjadi bapak untuk menghentikan hubungan tanpa berkonsultasi dengan Parlemen. The President insisted that Parliament should be consulted, which was actually done. Presiden menegaskan bahwa Parlemen harus berkonsultasi.
The next move was to declare war, but here the Chinese statesmen hesitated, and their hesitation arose through their feeling toward Japan. Langkah berikutnya adalah untuk menyatakan perang, tapi di sini negarawan cina ragu-ragu, dan ragu-ragu mereka muncul melalui perasaan mereka ke Jepang. They sympathized with the Allies, but to Chinese eyes Japan had stood for all that Germany, as depicted by its worst enemies, stood for.Ada juga alasan lain mengapa mereka ragu-ragu untuk menyatakan perang. Indeed the devotion to peace, which is deep-rooted in the nation, would be a sufficient reason in itself. Memang pengabdian untuk perdamaian, yang berakar dalam bangsa, akan menjadi alasan yang memadai dalam dirinya sendiri.Moreover, China, like other neutral nations, was a strong center for German propaganda. Selain itu, Cina, seperti negara-negara netral lainnya, adalah pusat yang kuat untuk propaganda Jerman. German consuls and diplomatic officers, who were scholars in Chinese literature and philosophy, and who also had sufficient funds to entertain Chinese officials as they liked to be entertained, were actively endeavoring to influence Chinese statesmen. Jerman konsul dan pejabat diplomatik, yang dalam bahasa Cina sarjana sastra dan filsafat, dan yang juga memiliki dana yang cukup untuk menghibur para pejabat Cina ketika mereka suka dihibur, sehingga mereka secara aktif berusaha untuk mempengaruhi negarawan cina.The Chinese Government, however, was determined to declare war, and to secure sup-port the Chinese Premier summoned a council of military governors to consider the question. Pemerintah Cina, bagaimanapun juga, bertekad untuk menyatakan perang, dan untuk mengamankan support Premier, Cina memanggil seorang dewan gubernur militer untuk mempertimbangkan pertanyaan. The majority of the conference agreed with the Premier, but a vigorous opposition began to develop. Mayoritas konferensi setuju dengan Premier, tapi oposisi yang kuat mulai berkembang. On May 7th the President sent a formal request to Parliament to approve of a declaration of war. Pada 7 Mei Presiden mengirim permintaan resmi kepada Parlemen untuk menyetujui sebuah deklarasi perang. Parliament delayed and was threatened by a mob. Parlemen tertunda dan terancam oleh massa. The Premier was accused of having instigated the riot and sup-port began to gather for Parliament, and an attack was made on the Premier as being willing to sell China. Premier dituduh telah menghasut kerusuhan dan sup-port mulai berkumpul untuk Parlemen, dan serangan dibuat di Premier sebagai bersedia menjual cina. Pada tanggal 14 Agustus China secara resmi bergabung dengan Sekutu dan menyatakan perang terhadap Austria dan Jerman. She took no great part in the war, except to invade the German and Austrian settlements in Tientsin and Hankow, which were taken over by the Chinese authorities. Dia tidak mengambil bagian besar dalam perang, kecuali untuk menyerang Jerman dan Austria di  pemukiman Tientsin dan Hankow, yang diambil alih oleh pihak berwenang China. The Chinese officials also seized the Deutsche Asiatische Bank which had been financing agent in China for the German Government, and fourteen German vessels which had been interned in Chinese ports. Para pejabat China juga menyita Asiatische Deutsche Bank, agen di Cina untuk Pemerintah Jerman, dan empat belas kapal-kapal Jerman yang telah magang di pelabuhan-pelabuhan Cina. Thousands of Chinese coolies were sent to Europe to work in the Allied interests behind the battle lines, and China has in all respects been faithful to her pledges. Ribuan kuli Cina dikirim ke Eropa untuk bekerja di kepentingan Sekutu di belakang garis pertempuran.
Proklamasi On August 14th China formally joined the Allies and declared war on Austria and Germany.The official war proclamation of China which was signed by President Feng-kuo-chang re-viewed China's efforts to induce Germany to modify her submarine policy. perang resmi Cina yang ditandatangani oleh Presiden Feng-kuo-chang cina dilihat kembali upaya untuk mendorong Jerman untuk mengubah kebijakan kapal selam-nya. It declared that China had been forced to sever relations with Germany and with Austro-Hungary to protect the lives and property of Chinese citizens. Hal ini menyatakan bahwa Cina telah dipaksa untuk memutuskan hubungan dengan Jerman dan dengan Austria-Hongaria untuk melindungi kehidupan dan harta benda warga negara Cina dan It promised that China would respect the Hague Convention, regarding the humane con-duct of the war, and asserted that China's object was to hasten peace.berjanji bahwa Cina akan menghormati Konvensi Den Haag, mengenai staff manusiawi dari perang, dan menegaskan bahwa Cina Tujuannya adalah untuk mempercepat perdamaian.







s

BAB III. PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Di dalam makalah ini berusaha untuk menjelaskan tentang Revolusi di cina Di dalam perjuangannya Sun Yat-sen sebagai pelopor terjadinya revolusi di China berusaha keras untuk merubah sistem pemerintahan yang sebelumnya dipegang oleh dinasti Qing, dimana dalam menjalankan pemerintahannya sangat tidak berprospek dalam memajukan bangsa China dan sehingga munculah rasa ingin merubah keadaan yang terjadi ini dengan mengganti sistem pemerintahan pada era ini, dengan cara mengalahkan atau mengganti tampuk kepemimpinan yang baru, akhirnya pada tahun 1911 mulailah terjadi sebuah perubahan sistem pemerintahan yang menggantikan dinasti Qing, yang dikenal dengan revolusi China.
Rasa frustrasi karena penolakan Dinasti Qing untuk melakukan reformasi serta karena kelemahan Cina terhadap negara-negara lain, membuat timbulnya revolusi yang terinspirasi oleh ide-ide Sun Yat-sen untuk menghapuskan sistem kerajaan dan menerapkan sistem republik di Cina. Pada tanggal 12 Februari 1912, kaisar terakhir Qing, Kaisar Xuantong turun tahta, menyusul Revolusi Xinhai. Sebulan setelahnya, pada 12 Maret 1912, Republik Cina didirikan dengan Sun Yat-sen sebagai presiden pertamanya.
Kemudian pada tahun 1919 mendirikan cabang komintern di Shanghai di bawah pimpinan Voitinsky. Kemudian atas desakan komintern berdirilah Partai Komunis Cina pada Juli 1921 dan yang menjadi Sekertaris Jenderal PKC pertama adalah Chen Duxiu.






DAFTAR PUSTAKA
1)      Wiriaatmadja,Rochiati,A.Dasuki, Dr.Dadan Wildan, M.Hum.2003.Sejarah dan Peradaban Cina: analisis filosofis-historis dan sosio-antropologis. Bandung;Humaniora Utama Press.
2)      Taniputera, Ivan, 2009, History of China, Jogjakarta; Ar-Ruzz Media
3)      100 Tokoh Paling Berpengaruh Abad 20. Penerbit Nuansa
5)      Pergerakan nasionalisme Cina. Tersedia di: http://sukurris05.blogspot.com/2011/04/pergerakan-nasionalisme-cina-india.html